Salad Buah

Gara-gara sering mati listrik, aku jadi tak berani menyimpan bahan makanan yag mudah rusak di kulkas seperti daging, ikan, sayur dan buah-buahan. Dalam sehari bisa 3x padam, total durasi mati bisa sampai 5-15 jam seperti kutulis di sini…tiap hari lagi….wah….semoga aku kuat iman deh…

Nah, terpaksa deh, aku bersih-bersih kulkas. Segera menghabiskan bahan makanan yang mudah rusak, dan untuk sementara nggak menyimpan bahan makanan terlalu banyak.

Dan, aku menemukan buah-buahan yang jarang sekali tersentuh di kotak buah. Apel merah dan jeruk Mandarin.

Beberapa hari lalu,kami makan jeruk itu dan rasanya agak hambar dan tak segar karena bulirnya mulai mengeras..akhirnya malas makan buah itu lagi deh… Nasib para apel juga sama saja, tak tersentuh lagi setelah diicipin dua buah.

Suamiku agak malas makan buah. Jadi sering deh, kupaksa dia makan buah. Maksudku sih, beli jeruk yang gampang dimakan. Atau anggur yang tinggal cuci dan makan..tak perlu repot mengupas seperti mangga atau pepaya.

Tapi karena malas setelah merasakan jeruk yang aneh rasanya,jeruk itu jadi terabaikan hingga berhari-hari.

Lalu aku coba-coba bikin salad buah memanfaatkan bahan yang terabaikan itu.

Gampang aja kok bikinnya.

Bahan:

  1. 1 buah jeruk nipis.
  2. 4 jeruk mandarin, kupas, buang kulit arinya.
  3. 2 buah apel merah.
  4. anggur secukupnya
  5. 4 sendok makan madu
  6. seuprit sedikit garam

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk kaca.
  2. Peras air jeruk nipis dalam mangkuk.
  3. Apel dikupas dan potong dadu, langsung dicampurkan dalam perasan air jeruk nipis supaya nggak berubah kecoklatan.
  4. Kupas jeruk mandarin, buang kulit arinya.
  5. Anggur dicuci, belah dua.
  6. Campur semua bahan, beri madu, aduk.
  7. Simpan dalam lemari es, setelah dingin siap dinikmati.

Mudah banget kan?

Suamiku yang biasaya agak malas makan buah, jadi lahap makan salad buah itu. Yippiiii…

Kata orang, orang Jawa tulen itu banyak bilang “masih ada untungnya”, dalam keadaan terjepit sekalipun. Salad ini juga tercipta dari keadaan terjepit dan untung itu.

Jadi, mari kita namakan salad ini Salad Buah Lucky van Java..haha, maksa! Ato Salad buah Bejo bin Untung aja?

ayo bikin saladmu...seger... seger...

Ada usul lain? Hmm?

About nanaharmanto

menulis dengan hati....
This entry was posted in Resep and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

32 Responses to Salad Buah

  1. nanaharmanto says:

    yak….setelah “mutung” jadi bakul es, ganti jadi bakul salad buah…hayoo…siapa berani nepokin?

  2. zaq says:

    sedap banget kayaknya tu mbak

    izin copas ya mbak
    boleh donk razaq nyontek ni resep

  3. DV says:

    Wow, salad buahnya segar… tiap hari aku slalu bawa apel dan jeruk (terkadang cucumber) ke kantor untuk snack. Tapi kalau pas lupa belanja grocery, aku biasa beli salad buah kayak yang kamu buat gitu yang seporsinya 4.5 AUD🙂

    Kirimin dong!

  4. ikkyu_san says:

    hihihi kreatif

    Kalau ada yoghurt, pakai yoghurt juga enak loh Na. Dikasih condensed milk dikit hmmmm maknyus!

    Variasi salad buah bisa macam-macam tergantung punyanya buah apa dan dressingnya apa. Salad buah masih cocok pakai thousand island atau mayoneise, tapi kalau french dressing atau Japanese/chinese dressing ….. ngga deh.Eh tapi mungkin ada yang suka juga…

    EM

    • nanaharmanto says:

      hmmm…aku sih suka banget yoghurt Mbak, cuma, di sini gak ada yang jual hehe…mesti beli di kota dulu deh, dan ga mungkin dibawa pulang, keburu rusak…lagian yang dibuatin salad nggak suka yoghurt tuh hehe…

      trimakasih masukannya ya Mbak? *segera mikirin bikin salad selanjutnya..🙂

  5. dyah suminar says:

    waduuuh…enak banget mbak…
    di salon milik bunda jual salad buah dan aneka jus…ceritanya biar yang datang…bisa menikmati makanan dan minuman sehat.

    • nanaharmanto says:

      waaah…asyik nih…besok di Jogja ke salon Bunda aah…

      hmm…salad dan jus? bener-bener sehat tuh…*jadi pengen beneran deh…

  6. JR says:

    wakh ,,,,,,mampir pagi ini…jadi laper nih…pengen salad kek gitu mba

  7. septarius says:


    Listrik mati udah kayak minum obat mbak, sehari 3 kali…
    Hehe…
    Enak tuh salad buahnya, bagi dong😀
    ..

  8. segerrr tenan, akhirnya jadi kreatif bener nih, bakmi bisa, salad bisa, buka warung aja?pasti laris…NANACAFE…

  9. nh18 says:

    Plok … Plok … Plok …

    Tolong Salad buahnya 3 porsi ya Bu …

    (lalu duduk mecingkrang … kek anggota dewan waktu itu …)

    Hahaha
    *dan saya pun di kemplang …*

  10. Pake madu mbak?
    Apa gak kemanisan ya?

    • nanaharmanto says:

      iya, pake madu…mencampur madunya tergantung selera masing-masing sih, kalau nggak suka manis ya dikurangin, atau kalau kurang manis, bisa ditambahin..buahnya juga bisa lebih variatif.
      aku sih udah coba berbagai macam variasi buah, plus jelly, tapi sayang nggak sempat difoto…keburu abis hihi…

  11. aurora says:

    siiippp… mugnkin beberapa tahun ke depan, kalau kakak melancong ke padang, bakal ada sebuah waralaba: SALAD BUAH LANGITTIMUR. hehehe..
    dan ingat! gratis 2 porsi untuk sang inisiator!! hihii

  12. arman says:

    mantep.. keliatannya seger…😀

  13. edratna says:

    Nana,
    Sebelum membuat komentar, langsung deh diprint…Makasih ya
    Di Bandung kemarin buah juga menumpuk, karena hawa dingin dan kalau udah masuk kulkas males makan. Kebiasaan tak suka makanan dingin ini memang jadi problem, alamat kalau buah udah masuk kulkas nggak di tengok-tengok.

    Jadi resepmu mau tak praktekkan, karena hari ini mau ke Bandung lagi…

    • nanaharmanto says:

      Wah, ternyata kita punya “penyakit” yang sama, males nengokin buah dalam kulkas…

      Tapi kalau saya nih Bu, kalau udah jadi salad nggak betah tuh di kulkas…pasti cepet abis…jadi rajin nengokin kulkas deh hehehe…
      Selamat membuat salad deh Bu Enny…

  14. Mbak Nana, kreatif banget,
    suami tambah sayang deh………..
    benar juga ya, dr pada nggak dimakan dan kelamaan di simpan di kulkas , bikin saja jadi ”berubah wujud” akhirnya dimakan juga……….he….he…
    mau lapor sekalian, Mbak.
    linknya sudah bunda add di blogroll sahabat.
    terima kasih Mbak Nana.
    Salam.

  15. AFDHAL says:

    wah nambah lagi menu yang disiapin mbak nana nek aku mampir rono
    :p

  16. albertobroneo says:

    wuih.. seger benerr!!!
    *ngebayangin makan salad buah*

  17. narpen says:

    wuaduhhh… gambarnya enak bener mbakk…
    tapi saya ga suka madu tuh😦
    diganti pake apa ya enaknya?
    sirup? tapi jadi aneh ya..
    *pengen nyoba*

  18. Ade says:

    Hmm segerrrr..
    simpen buat ntar musim panas aja yaa.. sekarang pengennya yang anget2 soalnya lagi dingin banget😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s