Bersua Lagi

Suatu ketika, aku dan Krismariana rasan-rasan dalam sebuah chatting. Katanya, dia ingin sekali mengunjungi Uda Vizon di Kweni. Tapi kapan ya?

Waktu berlalu dan rasan-rasan itu nyaris terlupa.

Lalu, berawal dari kesulitanku mendapatkan dua buku karangan Pramoedya, aku mengirimi Kris SMS untuk titip belikan buku yang lumayan susah didapat itu. Baku balas SMS pun berlanjut. Nah, di salah satu SMS Kris menyatakan dia mau mudik ke Jogja tanggal 10 Maret ini, dan Kris bersedia membantu mencarikan kedua buku itu di Jogja.

What? Jogja? Tanggal 10?

Pas! Cuocok….!!

Aku memang berencana mudik (lagii?) tanggal 6 Maret. Tak kuduga, Kris juga mudik bersama Oni, suaminya. Hihi…ternyata kami sehati… (aku dan Kris maksudnya🙂 )

Lalu kami semakin gencar ber-SMS, saling  mengompori  supaya kami bisa mengunjungi Uda Vizon sebelum kami kembali lagi ke perantauan masing-masing.

Lalu Kris bertugas menghubungi Uda menanyakan apakah Uda berkenan menerima kami, mengingat kesibukannya akhir-akhir ini?

Yippie…!!! ternyata Uda dengan senang hati meluangkan waktu menerima kami.

Akhirnya, Sabtu kemarin, 13 Maret, kami bergerak ke Kweni. Karena aku belum pernah ke sana, aku mencatat alamat Uda yang kudapat dari blog Toko On-line-nya.

Di perjalanan, aku menelepon Uda untuk menanyakan ancer-ancer lokasi rumah.

Aha! Uda udah lihai memberi arah ala Jawa lho…itu lho, memberi ancer-ancer dengan berpatokan pada arah mata angin. Ke Selatan…ada masjid….ke Barat…sekian meter…Utara…

Yup! Akhirnya, jam 10 kami sampai juga di rumah Uda Vizon. Tepat waktu sesuai janji. Sahabatku itu menerima kami dengan wajah segar dan ramah. Hmmm….rasanya senang sekali berjumpa lagi dengan salah satu sahabat yang kukagumi ini. Inilah kali kedua aku bertemu dengannya.

Kami pun ngobrol ngalor ngidul, mulai dari buku, pengalamannya belajar di Pondok Pesantren, anak-anaknya, tentang gempa Jogja dan nggak ketinggalan gosip seputar para blogger hihihi….(Yang kemarin kedutan mata, tersandung, keselek, terjungkal, hihihi…mungkin berasa ya sedang kami gosipin? Hihihi…🙂 )

Maaf, beribu maaf, kami sengaja tidak memberitahu Bu Tuti karena beliau sedang sibuk luar biasa. Maaf ya Bu Tuti…

****

Satu persatu, putra-putri Uda Vizon dan Uni Icha pulang dari sekolah. Hmmm…akhirnya ketemu juga dengan the fantastic four, anak-anak kebanggaan Uda dan Uni ini…

Rumah yang tadinya sepi, jadi agak ramai karena kedatangan kami. Ternyata, ditambah heboh dengan celoteh anak-anak Uda, dan kami jadi terseyum-senyum geli mendengar logat medhok Jowo mereka yang sangat kental layaknya bocah-bocah Jawa asli itu.

Aku salut sekali pada keluarga ini. Ternyata, Uda dan Uni sabar sekali menghadapi keempat buah hati mereka dengan aneka rupa permintaan dan keinginan. Hmm… salut!

Uda dan Uni menjamu kami makan siang. Rendang padang buatan Uni enak sekali, beneran! jadi dengan malu-maluin aku nambah lagi hihihi…

Setelah makan siang, obrolan berlanjut lagi. Semakin ngalor, semakin ngidul, ngetan ngulon, semakin banyak senyum dan haha hihi ditimpali dengan celoteh anak-anak yang polos dan lucu…

Ah, terlihat jelas bahagianya keluarga ini. Kami jadi ikut kerasan duduk dalam rumah mereka, sambil tak henti melenyapkan hidangan di meja. Hehehe…

Sayang sekali, waktu berlalu dengan cepat, padahal mulut kami masih ingin terus aktif : berbagi cerita, makan, ngobrol, tertawa, makan lagi… *ditabok Kris…

Kira-kira jam 15.30 kami pun berpamitan.

Uda Vizon dan Uni Icha, terima kasih ya sudah menerima kami, maaf ya kami sudah merepotkan…

Kris dan Oni, terima kasih ya untuk kesempatan ketemu di Jogja, kapan meneh yo?🙂

...the ladies between the gentlemen...

About nanaharmanto

menulis dengan hati....
This entry was posted in Intermezo and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Bersua Lagi

  1. aurora says:

    hehe… aku juga udah tau kabar ini, kopdar lagi di rumahnya si uda… duuuhh… sumpah, bikin aku iri aja kak nana ini… aku seumur-umur cuma sekali kopdar, dengan da vizon itupun ditengah gempa padang.(tak ada rendang tentunya… hehe)

    PS: kemaren lusa perutku mules seharian… hmmm… ada indikasi kalau aku digosipin dari jauh nih… (wuiss.. kepedean…)

    • nanaharmanto says:

      Kopdar memang selalu asyik, Rif…yuk kapan kita kopdar?
      aku baca juga tuh posting tentang kalian kopdar di tengah gempa di Padang, meski dalam keprihatinan tapi tetep berkesan kan?
      Arif memang masuk agenda gosip kemaren itu hihi…

  2. septarius says:


    Lha terus bukune oleh ora mbak..?

  3. ikkyu_san says:

    hmmm berarti aku ngga digosipin, soalnya ngga berasa apa-apa sih hihihi

    EM

  4. vizon says:

    Nana… thanks sudah menyempatkan diri untuk mampir ke gubug kami. Sungguh, sebuah kehormatan luar biasa. Maafin ya, kalau anak-anakku lakunya aneh-aneh, hehehe…😀
    Semoga suatu saat kami bisa juga berkunjung ke Pare-pare..

    • nanaharmanto says:

      Uda…aku juga seneng banget bisa mengunjungi Uda sekeluarga, jadi ketemu semua deh, lagipula waktunya jadi lebih lama, kalau di tempat makan kan kita mau berlama-lama juga nggak enak. kalau di rumah kayak kemarin itu, lebih leluasa….apalagi kalau udah kerasan di sofa itu, hihi…nggak ingat untuk pamit deh hahaha…
      Nggak perlu minta maaf, Uda…that’s the way childen behave…malah jadi hiburan mendengar logat Jawa mereka🙂
      logat dan gaya bicara yang kukangenin di tempatku sekarang lho…

  5. arman says:

    baru ngeh ya kalo ternyata orang jawa itu emang suka ngasih patokannya berdasarkan mata angin ya. dan itu sama ama orang amerika lho! hehe. orang sini tuh kalo ngasih arah selalu berdasarkan mata angin, bukan pake kanan atau kiri. bikin mabok aja jadinya. hahaha.

    sekarang sih udah mendingan udah lebih mudeng walaupun kadang masih suka bingung juga. hahahaha.

    • nanaharmanto says:

      Wah, bener tuh..rang Inggris dan Amerika emang suka memberi ancer-ancer/ direction menggunakan arah mata angin.

      Pernah ada makul listening dan speaking di semester2 awal, salah satu prakteknya dengan memberi ancer-ancer. Kalau gugup, bisa kebalik-balik, West jadi East…nyasar deh…. hahaha…

  6. DV says:

    Wah.. rendangggg?? OMAIGATTT!!!!!!

    Mau dong ke Kweni ntar kalau balik ke Indonesia…
    Kowe mudik juga yo, Na dadi ben ono alasan dinggo mulih hahaha!

  7. edratna says:

    Wahh senangnya…tinggal saya nih yang belum sempat ke Yogya…..
    Dan pasti seru ketemu teman yang selama ini telah dikenal akrab di dunia maya…berasa ketemu sahabat.
    Hayoo Nana..nggak mampir Jakarta? Kabari saya ya….

    • nanaharmanto says:

      Wah, saya nggak sempat ke Jakarta dan kota lainnya nih, Bu…
      Kapan-kapan kalau saya ada kesempaan ke Jakarta, pasti saya kabari, Bu Enny..
      Memang benar, rasanya selalu menyenangkan sekali bertemu langsung dengan teman yang kita kenal di dunia maya. Semoga secepatnya ya Bu, kita bisa bertemu…

  8. jeunglala says:

    Aku paling nggak bisa kalau diarahkan dengan menggunakan jurus mata angin, Mbak Na. Langsung senewen aja bawaannya.. Lah wong aku buta banget urusan mata angin begitu.. hehehehe

    Senangnya bisa kopdaran..
    Kapan2 ke Surabaya, dong, Mbak Na..
    Atau aku bisa ke Pare-Pare🙂

  9. zee says:

    Saya malah sudah lamaaa sekali tidak ke Jogja. Hebad juga mbak pake jurus mata angin. Kapan-2 klo kopdaran di Jakarta, ajak2 diriku ya🙂

    • nanaharmanto says:

      Orang Jawa kalau memberi ancer-ancer memang pakai patokan arah mata angin yang pasti. di manapun, ke utara ya artinya memang ke utara. orang di luar Jawa biasanya masih bingung dengan arahan model begini, tapi lama-lama pasti terbiasa dan jadi bisa juga.
      Hayo..kapan ya bisa kopdar di Jakarta? ajak baby Vay juga ya?🙂

  10. an9el says:

    indahnya kebersamaan🙂

  11. nh18 says:

    Aaahhh …
    Lagiii …
    Saya dibuat tersenyum sepanjang postingan …
    Sofa legendaris milik Uda dan Uni itu …

    sebuah perlambang kehangatan yang tiada banding …

    Ini indah sekali
    Persahabatan yang indah …
    Silaturahmi tak berbatas prinsip
    Logat Jawa anak-anak bersuku Minang …
    Lidah Jawa doyan rendang …
    dsb …

    Hidup ini memang indah …

    This is the beauty of blogging !

  12. whaaa……… bahagianya Mbak Nana bisa kopdar dgn Inyiak dan uni Icha.
    * sst rendangnya sisain sedikit ya utk bunda he he *😀😀
    salam

  13. Hendrawan says:

    Hahaha.. kukira Kris itu lelaki,😀 salam kenal mbak..

  14. monda says:

    senangnya mbak nana bisa kopdar dgn keluarga si uda ya

Leave a Reply

