Dehidrasi

Tulisan ini masih ada hubungannya dengan tulisanku sebelum ini.

Anda merasa haus? itu tanda awal tubuh kurang cairan! jangan lupa minum!

beware!!

poster kupinjam dari sini.

Menurut Wikipedia,

dehidrasi adalah gangguan dalam keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak daripada pemasukan (misalnya minum). Gangguan kehilangan cairan tubuh ini disertai dengan gangguan keseimbangan elekrolit tubuh. Dehidrasi ini terjadi karena kekurangan zat natrium, kekurangan air serta kekurangan natrium dan air.

Selain mengganggu keseimbangan tubuh, pada tingkat yang sudah sangat berat, dehidrasi bisa pula berujung pada penurunan kesadaran, koma, hingga meninggal dunia.


Semua pasti udah tau dong, pentingnya keseimbangan cairan dalam tubuh kita?

Sebagian besar komposisi tubuh kita, 2/3-nya, (sumber lain mengatakan 75%-nya), terdiri dari air, sehingga sangat jelas dan tak dapat dibantah lagi, air sangat diperlukan tubuh untuk melancarkan sistem metabolisme agar berjalan dengan baik dan optimal.

tubuh, air....air...dan air...

gambar kupinjam dari sini

Nah, cairan tubuh berperan sangat penting untuk:

  • Melancarkan peredaan darah.

Saat kekuangan cairan tubuh, darah akan mengental dan hal ini berpengaruh buruk pada kinerja hati, jantung dan otak. Hmm..pantes… otakku lemot…🙂

  • Mengatur suhu tubuh

Suhu normal tubuh manusia adalah 36 derajat Celcius. Saat kekurangan air, suhu tubuh akan meningkat. Hati-hati. Ini ”alarm” pertama untuk kita.

  • Melancarkan pencernaan dan membuang sisa racun

Cairan tubuh berperan membawa nutrisi dan oksigen dalam darah untuk diantarkan ke sel-sel tubuh yang memerlukannya. Kekurangan air minum akan menghambat kelancaran kerja usus besar, sehingga terjadilah konstipasi atau sembelit.

Air sangatlah berjasa dalam mengeluarkan zat yang dianggap racun oleh tubuh (misalnya nikotin, kafein dan alkohol) melalui air seni, keringat, dan feses.

  • Pernafasan

Paru-paru harus selalu dalam keadaan basah agar tetap optimal dalam menjalankan fungsinya untuk memproses udara yang kita hirup menjadi oksigen bersih yang akan masuk ke sel-sel tubuh, kemudian memompa sisa-sisa respirasi berupa karbondioksida keluar dari tubuh.

  • Kulit

Boleh dikatakan, kulit bekerja paling keras untuk melindungi bagian dalam tubuh kita. Dia harus menjaga suhu tubuh tetap normal baik dari suhu panas ataupun dingin. Paparan sinar matahari, suhu dingin, AC dan makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh pada kesehatan dan kondisi kulit kita. Nah, diperlukan asupan air yang cukup untuk menjaga kulit tetap sehat, elastis, lembab dan lembut supaya ”baju alami” kita ini sanggup bekerja maksimal melindungi tubuh kita.

  • Otot dan persendian

Fungsi serta pergerakan persendian dan otot kita dilindungi oleh cairan tubuh yang berfungsi sebagai pelumas. Kekurangan cairan tubuh menyebabkan otot mengempis, persendian nyeri hingga menyebabkan kelelahan dan kejang otot. Pernah melihat atlet yang mengalami kram? Mungkin begitulah gambaran resiko yang bisa kita lihat… bagi atlet dan mereka yang melakukan aktifitas berlebih hingga banyak mengeluarkan keringat, minum banyak cairan akan meminimalkan resiko kelelahan dan kram otot.

  • Masa pemulihan

Setelah sembuh dari sakit, pasien tetap harus menjaga asupan cairan/cukup minum, karena selama sakit, besar kemungkinan komposisi cairan tubuh kita sangat terganggu, sehingga perlu upaya untuk memulihkan kondisi tubuh seperti sedia kala.

Apa sih penyebab dehidrasi?

Sebenarnya, dalam keadaan normal pun, kita pasti kehilangan cairan tubuh saat Buang Air Besar (BAB) dan Buang Air Kecil (BAK), saat berkeringat dan menangis, dan bahkan, bernafas pun ada cairan yang terbuang lho… Nah,dehidrasi bisa menjadi serius  karena hilangnya cairan tubuh dalam jumlah besar, terlalu sedikit air yang dikonsumsi, atau, kombinasi keduanya, yang biasanya terjadi pada kasus berikut:

  • Diare: alasan paling umum penyebab dehidrasi, di  mana sistem pencernaan terganggu sehingga lebih banyak cairan tubuh terbuang. Banyak penderita diare, khususnya balita yang meninggal karena dehidrasi. Hati-hati jika buang air lebih dari 4x sehari.
  • Vomiting/muntah: kehilangan sejumlah besar cairan dan penderita kesulitan mengganti cairan yang hilang dengan sekedar minum jika penderita kesulitan mentoleransi cairan yang masuk.
  • Keringat berlebih dan demam: untuk mendinginkan suhu tubuh, semakin banyak cairan tubuh yang terpakai.
  • Diabetes: penderita diabetes biasanya sering buang air kecil.
  • Korban kebakaran: korban kebakaran biasanya mengalami dehidrasi serius karena kulit dan bagian tubuh yang mengalami luka bakar tak dapat berfungsi dengan baik.
  • Penderita tidak bisa minum: nausea (mual karena kehamilan), sakit tenggorokan atau mulut, dan dalam kondisi koma.
  • Kelainan pencernaan: Penderita tidak bisa mentolerir jumlah air yang terlalu banyak sekaligus.

Gejala dehidrasi

Dehidrasi Ringan

  • Haus
  • Kulit wajah memerah
  • Suhu tubuh meningkat
  • mulut dan lidah kering, air liur berkurang
  • sedikit urine sedikit dan berwarna agak gelap.
  • Pusing dan lemah
  • Kulit kering
  • Kulit bibir pecah-pecah
  • Mata kering, karena produksi air mata berkurang
  • Kram otot (kesemutan) di tangan dan kaki.

Dehirasi sedang hingga berat

  • Tidak buang air kecil
  • denyut nadi lemah dan cepat
  • tekanan darah menurun drastis
  • kontraksi otot tangan, kaki, perut dan punggung
  • kejang
  • perut kembung
  • ubun-ubun cekung
  • gangguan kinerja jantung
  • kesadaran berkurang hingga pingsan

Bahayakah?

YA!! Bila tak tertangani dengan baik, dan segera, dehidrasi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan darah mengental, kehilangan kesadaran, gangguan pada otak, ginjal, jantung dan paru-paru. Pembuluh darah bisa mengerut dan fatal akibatnya.

Pemeriksaan secara fisik

Dokter akan melakukan pemeriksaan nadi, denyut jantung, elastisitas kulit (meraba dan ”mencubit” kulit) dan memeriksa kondisi mata (kering atau tidak).

elastisitas kulit berkurang, hingga perlu waktu agak lama untuk kembali ke kondisi semula sebelum dicubit

gambar kupinjam dari sini.

Tes dan treatment

1. Tes urin

Urine Specific Gravity (Mungkin massa jenis urin maksudnya ya? Ada yang bisa membantu menjelaskan?)

2. Tes darah:

Blood chemistries: tes kimia darah untuk mengecek elektrolit dalam darah khususnya tingkat Sodium, Potasium dan bikarbonat.

BUN (Blood Urea Nitrogen) – yang mungkin meningkat karena dehidrasi

CBC (Complete Blood Count) – untuk melihat konsentrasi kepekatan darah

Creatinin — kreatin meningkat dalam gejala dehidrasi

Pencegahan

  1. Minum air putih/mineral secukupnya, minimal 8 (delapan) gelas sehari.
  2. Jangan tunggu sampai terasa haus.
  3. Hati-hati jika dalam kurun 4jam Anda tidak buang air kecil.
  4. Minum air isotonik/berion, dokterku sih menyarankan P*cari Sw*at… 🙂
  5. Batasi konsumsi makanan yang memicu diare atau mual.
  6. Jika gejala berlanjut, jangan tunda lagi, segeralah ke dokter!

Oh! Tubuh kita yang cerdas!

Waduh, nggak perlu repot-repot mencatat segala gejala dehidrasi di atas, nggak bakal keluar di ulangan besok kok….🙂

Tubuh kita dirancang untuk mengenali kebutuhan biologisnya sendiri,  misalnya lapar kala tubuh perlu makanan, haus saat perlu minum, kapan tubuh harus berkeringat serta buang air besar dan kecil.

Nah, saat tubuh perlu cairan, otak kita akan memberi peringatan.

Dari pengalamanku sendiri, sekedar share ya, perhatikan hal-hal seperti ini dalam kebiasaan sehari-hari. Hati-hati dan waspadai gejala kurang cairan yang kadang justru dianggap enteng dan sering diabaikan berikut.

  • sering panas dalam dan pusing
  • sembelit
  • bibir kering dan pecah-pecah
  • tidak kencing dalam waktu 4 jam atau lebih
  • air seni berwarna kuning/gelap
  • suhu tubuh meningkat/kadang demam
  • mata pedih dan kulit kering
  • kesemutan, artinya terjadi kekacauan dalam keseimbangan elektrolit dalam tubuh, tahap ini sudah serius ya…

Ceritaku

1. Percaya deh, dehidrasi itu nggak enak blas! 😦

2. Meskipun hasil cubitan dokterku tak separah gambar di atas, tapi dokter tetap menyarankan aku opname agar tertangani dengan baik.

3. Darahku sempat agak  mengental, berbalik masuk selang infus dan membuat infus macet. Waktu darah itu disedot keluar, ahay…. linunyaaaa….😦😦

4. Lebih baik mencegah daripada mengobati itu bener deh!

****

Semoga kita semua makin waspada dan perhatian pada kebutuhan dan ketubuhan kita ya…

Semoga tulisan ini bermanfaat, terutama bagi saudara-saudara yang sebentar lagi akan memasuki bulan puasa, sebaiknya tambahkan minuman berisotonik waktu sahur dan sesudah berbuka tentu saja, untuk mengembalikan keseimbangan elektrolit cairan tubuh.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Dehidrasi

http://organisasi.org/fungsi-cairan-tubuh-manusia-gejala-dehidrasi-dan-cara-mengatasi-kehilangan-cairan-tubuh

http://www.medicinenet.com/dehydration/article.htm

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000982.htm

About nanaharmanto

menulis dengan hati....
This entry was posted in Pengetahuan and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Dehidrasi

  1. Adi says:

    mungkin tar bahas tentang heat stroke.. Hampir sama dengan dehidrasi kayaknya..

  2. nh18 says:

    Ini tulisan khas Nana yang lain …
    referensinya lengkap ….

    Terima kasih atas infonya ya Na …

    Yang jelas …
    Anak sulung saya pernah kena Dehidrasi juga …
    waktu itu penyakit pencernaannya kambuh lagi …
    sehingga terus menerus ke belakang

    air yang masuk langsung keluar lagi …

    Mudah-mudahan kita semua
    Sehat-sehar selalu ya Na

    Salam saya

    • nanaharmanto says:

      Terima kasih apresiasinya ya Om…

      Wah, si Sulung pernah dehidrasi juga ya? sampai opname juga kah Om?
      Emang ini penyakit rada gak elit hehe… kok ada kemiripan ya Om… aku juga ada kelainan pencernaan nih jadi mesti hati-hati dengan makanan dan stok minuman. Minum yang ngawur bisa bablas semua hehe…🙂

  3. monda says:

    info yang lengkap mbak Nana,
    udah mendingan sekarang mbak?

  4. arman says:

    dehidrasi emang gak main-main… bahaya lho kalo sampe parah…

    jadi emang kita harus selalu inget untuk banyak minum, sesibuk apapun.. jangan sampe dehidrasi.

    • nanaharmanto says:

      Iya bener… minum air putih kadang dianggap sepele, bahkan banyak yang nggak suka minum air putih karena nggak ada rasanya dan bikin kembung. Aku dulu dapat info dari guru kimia, biar nggak kembung, segelas air dikasih sedikit aja gula pasir, diaduk, baru deh diminum.
      Tapi rada ribet ya… mending minum air mineral aja, gak usah ngerebus aer, nggak pake nungguin dingin, langsung aja glek..glek…glek… beres deh… 🙂

  5. septarius says:

    ..
    wah Mbak Nana kayak Bu dokter aja nih.. he..he..🙂
    infonya lengkap banget..
    memang harus di biasain sih, Minum air putih..
    dan mengurangi minuman bersoda..😉
    ..

    • nanaharmanto says:

      Hehe… soalnya aku rentan dehidrasi dan udah dua kali aku ngalamin dehidrasi serius begini, jadi meniatkan diri berbagi info soalnya bahaya banget je Ta, kalau nggak tertangani segera…
      Aku sendiri udah nggak minum soda sejak kurang lebih 4 tahun ini… kopi juga nggak… kapok… hehe..🙂

  6. Clara Croft says:

    Wah, dehidrasi itu bisa sebegitunya.. Sering sih Mba bibir kering, tapi ga sampae berprasangka macam2.. langsung minum aja biasanya normal lagi.. tapi kalo udah diwanti2 begini, harus lebih hati-hati deh..🙂

    • nanaharmanto says:

      Iya setuju…mending ati2 deh…banyak minum air putih, biar lebih sehat, ginjal juga lebih sehat kan…
      dehidrasi itu bahaya banget, lebih baik mencegah daripada mengobati… *sok bijak..🙂

  7. wah, benar2 lengkpa keterangannya,Mbak Nana.
    aku jadi lebih faham sekarang ttg masalah dehidrasi.
    jadi, memang sebaiknya minum sebelum merasa haus ya ,Mbak Nana.

    terimakasih utk info yang berharga ini.
    salam

    • nanaharmanto says:

      Sebaiknya memang minum setengah gelas saja, lalu diulang setengah jam kemudian…
      Wah, ujian ya bagi Bunda dan semua yang sedang berpuasa… selamat berpuasa ya Bunda… semoga lancar hingga usai bulan puasa…

      salam hangat selalu..

  8. Bahasa Pena says:

    wah dehidrasi ya….
    di bulan ramadhan seperti ini kira-kira kita harus minum apa ya agar tidak terserang dehidrasi ….

    • nanaharmanto says:

      Wah… saat puasa memang resiko dehidrasi jadi lebih tinggi ya…
      Mungkin berkonsultasi pada ahlinya saja, supaya lebih tepat dan afdol jawabannya…

      Selamat berpuasa ya….

  9. tutinonka says:

    Thanks infonya, Nana. Aku termasuk banyak minum, pagi aja bisa minum 3 gelas besar. Sayangnya, tidak selalu air putih, tapi teh, kopisusu, dan jus. Belajar minum air putih banyak-banyak ah …

  10. Ria says:

    minum air putih adalah kebiasaanku sebelum tidur dan sesudah tidur. cuman kalau makan siang atau malam aku combine dengan jus…sama dengan bunda tuti…mulai sekarang aku mau rajin minum :D…

    Tulisan ini sangat informatif sekali mbak…thanks ya😉

  11. edratna says:

    Dehidrasi ini berbahay apalagi jika terlambat ditangani..memerlukan perawatan di rumah sakit dan diinfus.

  12. Ceritaeka says:

    Mbak… Moga njenengan gak dehidrasi lagi yah…😦
    baca ini dpt pengetahuan baru…
    Thank u mbak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s